Friday, November 16, 2012

Cara Agar Tetap Termotivasi (Part 3)

cara Tetap termotivasi bagian ketiga

Dalam artikel motivasi sebelumnya kami telah membahas Cara Tetap Termotivasi bagian kedua, tibalah saatnya untuk kami membahas Cara Tetap Termotivasi bagian ketiga (terakhir atau habis).

9. Miliki Anutan
Anutan adalah orang yang menjadi acuan Anda dalam hal ilham dan informasi tentang cara menjadi sukses. Idealnya, anutan Anda adalah seseorang yang Anda kenal dan dapat Anda temui, misalnya anggota keluarga atau rekan di tempat kerja. Cobalah untuk bertemu orang itu secara rutin, misalnya satu kali dalam seminggu atau satu kali dalam beberapa bulan (seberapa sering Anda berdua bertemu akan tergantung pada lokasi orang tersebut dan sifat hubungan yang Anda berdua miliki). Ajukan pertanyaan mengenai kesuksesan mereka, apa yang mereka fokuskan, cara mereka bergerak maju menuju impian dan tujuan.

Bila memungkinkan, mintalah nasihat mengenai masalah atau tantangan tertentu yang sedang Anda hadapi. Anutan bisa juga seseorang yang tidak Anda kenal, seperti seorang atlet terkenal atau pemimpin dunia. Anda masih bisa mendapatkan manfaat dengan belajar semampu Anda mengenai orang tersebut, tentang keyakinan, sikap, dan tindakan mereka. Bagaimana caranya? Bacalah tentang mereka; tontonlah mereka di televisi atau dengarkan mereka di radio; bacalah buku, artikel, atau makalah yang mereka tulis. Kuncinya adalah tak memilih orang yang begitu tidak dikenal sehingga tidak ada informasi apa pun dari atau mengenai mereka. Masih belum yakin? Pikirkan apa yang Anda dapatkan dengan mempelajari apa yang sudah ditulis oleh atau mengenai:

• Bill Gates, rekan pendiri Microsoft
• Jack Welch, bos General Electric
• Oprah Winfrey, pembawa acara bincang-bincang
• Mia Hamm, dianggap banyak orang sebagai pemain sepak bola wanita terbaik di dunia
Jangan membatasi anutan Anda pada pebisnis atau atlet sukses. Bagaimana dengan:
• Bunda Teresa
• Dalai Lama
• Picasso
• Rosa Parks
• Nelson Mandela
• John F. Kennedy
• Jacqueline Kennedy
• Ayah Anda
• Ibu Anda
• Salah satu kakek atau nenek Anda
• Dr. Kwame Nkrumah
Cari anutan dan belajarlah dari mereka.


10. Jangan Mempermasalahkan Hari Buruk
Dr. Richard Carlson telah menulis sebuah seri buku yang semuanya dimulai dengan D0n’t Sweat… atau Jangan Mempermasalahkan…. Saya akan mengikutinya dan mengatakan ini: Jangan mengkhawatirkan hari buruk. Anda tidak bisa berharap setiap hari akan menjadi yang terbaik. Mungkin Anda akan merasa tidak enak badan. Anda mungkin lelah. Anda bisa merasa sedikit “lesu”.

Yang penting adalah mengetahui bahwa akan ada hari-hari buruk—semua orang mengalaminya—dan daripada khawatir atau resah, melangkahlah sebaik mungkin. Terf0kuslah pada akhir perjalanan Anda. Jangan mengkhawatirkan satu hari yang buruk. Akan ada jauh lebih banyak hari lain yang lebih dari sekadar menggantikan satu hari buruk itu.


11. Hargai Kualitas Unik Anda
Satu hal yang paling mengherankan tentang kesuksesan—baik secara pribadi maupun pr0fesi0nal—adalah bahwa tidak ada dua orang yang meraih kesuksesan dengan cara yang sama persis. Dari miliaran orang di bumi ini, Anda unik. Tidak ada orang lain yang persis seperti Anda. Yang agak menyerupai Anda pun tidak ada.
Manfaatkan keunikan itu. Kumpulkan ilham, informasi, bahkan saran dari teman serta anutan, tetapi selesaikan masalah dengan cara Anda sendiri. Jangan mengkhawatirkan perbedaan Anda; kembangkan perbedaan Anda.


12. Pikiranlah yang Menggerakkan Orang
Pernah mendengar istilah komputer “GIGO-Garbage ln, Garbage Out” (Masuk Sampah, Keluar Juga Sampah)?
Tentu saja Anda pernah mendengarnya. Pikiran Anda, seperti layaknya sebuah komputer, memproses dan menggunakan informasi serta pikiran yang Anda masukkan kedalamnya. Penuhi pikiran Anda dengan hal negatif, maka Anda akan bertingkah laku negatif. Penuhi pikiran Anda dengan hal positif maka Anda akan bertingkah laku positif.
Sederhana? Memang sederhana, namun perhatikan: HAL ITU JUGA BENAR!
 
Berikut adalah beberapa cara saya memberi pikiran saya dosis harian—bahkan dosis perjam—apa yang saya sebut “inf0 ayo mulai!”:

• Mulailah dengan bangun tidur. Jangan menggerutu kepada alarm dan kembali tidur; tersenyumlah kepada alarm, pikirkan segera hal positif yang sudah Anda rencanakan sebelumnya untuk hari itu, meditasikan hal positif itu selama beberapa menit. Lalu, turunlah dari tempat tidur dan bersiaplah melaksanakannya.
• Simpanlah arsip atau buku catatan berisi kutipan yang membangkitkan semangat. Bacalah kutipan itu berulang kali. Selalu tambahkan kutipan atau kliping baru dari sumber lain, seperti majalah, artikel surat kabar, catatan yang Anda buat saat berbicara dengan sese0rang…atau dari blog artikel moviasi ini!
• Bacalah biografi orang terkenal. Saya hampir bisa menjamin bahwa Anda akan belajar dua hal ketika membaca biografi: Anda akan belajar sesuatu tentang cara mencapai kesuksesan; dan Anda akan belajar bahwa untuk berhasil, setiap orang sukses mesti melewati tidak hanya satu, atau dua, tapi banyak masalah panting yang menyusahkan.
Tinjau ulang dan ikuti dua belas saran di atas, maka Anda akan tetap termotivasi, bersemangat, bahkan bergairah dalam hal impian dan tujuan Anda.

Semoga 12 cara tetap termotivasi yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda. 8)

No comments: